SALAH MENGGUNAKAN OBAT YANG SANGAT MEMBAHAYAKAN

Berikut ini adalah daftar kesalahan-kesalahan yang berbahaya dan yang sering dilakukan orang dalam penggunaan obat-obatan modern. Penggunaan yang todak tepat dari obat-obatan berikut ini menyebabkan banyak kematian. BERHATI-HATILAH !

1. Chloramphenicol  (cholomyetin).

Obat ini sering dipakai untuk penyakit mencret biasa dan penyakit-penyakit ringan lainnya. Ini sungguh sangat disesalkan, karena terlalu banyak mengandung bahaya. Jangan sekali-kali memberikan phloramphenicol kepada bayi yang baru dilahirkan.

2. Oxytocin (pitoxin).

Penggunaan obat-obatan ini leh bidan untuk mempercepat persalinan atau memberikan kekuatan bagi ibu dalam masa pwesalinan, patutu disesalkan. Pemberian obat-obatan ini hanya untuk menghentikan perdarahan setelah anak dilahirkan.

3. Penyuntikan obat

Kepercayaan yang lazim dianut bahwa suntikan biasanya lebih majur daripada obat minum, merupakan hal yang kurang benar. Seringkali obat-obatan yang diminum bekerja sama baiknya atau bahkan lebih baik daripada obat suntik. Juga, sebagian besar obat lebih berbahaya jika disuntikkan daripada jika diminum.

Penggunaan obat suntik harus sangat dibatasi dan hanya boleh dilakukan petugas kesehatan di bawah pengawasan dokter.

4. Penicillin

Penicillin hanya berguna untuk jenis-jenis infeksi tertentu. Penggunaannya untuk keadaan terkilir, memar, untuk semua rasa sakit, atau pamas merupakan kesalahan yang besar. Sebagaimana patokan umum, luka yang tidak menimbulkan robekan pada kulit tidak akan menimbulkan bahaya infeksi; luka ini tidak perlu diobati dengan penicillin atau dengan ati biotika lainnya.

Penicillin berbahaya untuk sebagian orang. Sebelum anda menggunakan penicillin pelajari kemungkinanan bahayanya dan kewaspadaan yang harus anda berikan.

 

5. Suntikan penicillin dengan streptomycin.

Obat-obatan ini sering dipergunakan terlalu berlebihan dan seringkali untuk hal-hal yang salah. Obat-obatan ini tidak boleh untuk menyembuhkan salesma (masuk angin) karena tiga alas an:

a.       Campuran obat ini dapat menyebabkan gangguan yang parah, kadang-kadang menimbulkan tuli bahkan kematian.

b.      Penggunaan berlebihan dapat mempersulit pengobatan TBC atau tuberkulogis atau pernyakit parah lainnya.

 

6. Vitamin B12 dan sari/ekstrak hati.

Obat-obatan ini tidak akan menyembuhkan kekurangan darah (anemia) atau ‘kelemahan’ kecuali dalam hal-hal tertentu yang jarang dijumpai. Bahaya tertentu dapat terjadi kalau obat ini disuntikkan. Vitamin B12 dan liver (sari/ekstrak hati) hanya boleh digunakan kalau petugas kesehatan menganjurkan setelah pemeriksaan darah laboratorium.

Hampir pada semua kasus kekurangan darah, pil-pil zat besi akal lebih manjur.

 

7. Vitamin-vitamin lainnya.

Sebagai patokan umum, JANGAN MENYUNTIKKAN VITAMIN. Suntikan selalu lebih bahaya, lebih mahal dan biasanya tidak lebih majur daripada pil.

Sungguh disayangkan, bahwa banyak orang membuang-buang uangnya untuk membeli sirup, tonikum dan elixir yang mengandung vitamin. Banyak obat tersebut kurang mengandung vitamin yang penting atau dibutuhkan oleh manusia.

Sekalipun jika obat-obatan itu menhandung vitamin tersebut, lebih bijaksana kalau anda membeli makanan yang lebih banyak dan lebih baik.

Makanan pelindung dan pembentuk jaringan tubuh seperti telur, daging, buah-buahan, sayur-sayuran dan semua jenis kacang-kacangan kaya akan vitamin dan unsur gizi lainnya.

8. Kalsium

Menyuntikkan kalsium ke dalam pembuluh darah balik (vena) merupakan perbuatan yang sangat berbahaya. Suntikan ini dapat menimbulkan kematian dengan cepat, jika tidak dilakukan secara perlahan –lahan sekali.

Penyuntikan kalsium kedalam otot-otot pantat kadang-kadang menyebabkan infeksi atau kantong nanah.

 

9. Makanan melalui pembuluh darah bilik

Di beberapa tempat, orang-orang yang kekurangan darah atau sangat lemah menghabiskan uangnya untuk seliter larutan infus uang dimasukkan kedalam pembuluh darah bilik. Mereka percaaya pengobatan ini akan membuat diri mereka lebih kuat dan akan memperkaya darah mereka. Namun, mereka keliru!

Larutan infuse tidak lebih daripada air yang murni dengan sejumlah gula atau daran didalamnya. Larutan ini memberikan energi yang lebih sedikit dibandingkan energy yang terdapat peda sepotong gula-gula besar, dan larutan ini akan mengencerkan darah, bukan memperkayanya. Larutan infuse tidak menyembuhkan kekurangan darah arau tidak memperkuat yang lemah.

Laruten infus hanya digunakan jika seseorang tidak dapat makan dan minum sesuatu,atau jika ia menderita dehidrasi berat.

2 thoughts on “SALAH MENGGUNAKAN OBAT YANG SANGAT MEMBAHAYAKAN

ets.... jangan lupa komentar ya...!!! makasih banyak gan dah mampir di jackdum.wordpress.com

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s