ANCAMAN TSUNAMI DINEGARA SAKURA

Masih ingatkah anda dengan tsunami Aceh pada 26 Desember 2006???. Hari ini, 11/3/2011 negri Sakura dilanda tsunami telah yang mengguncang tanah jepang sebesar 8,9 SR, Sebagai ”negeri gempa”, masyarakat Jepang terkenal terbiasa menghadapi gempa. Namun, baru kali ini gempa dahsyat 8,9 itu membuat mereka ketakutan, seperti yang diceritakan Helza Melany (29), WNI yang bermukim di wilayah Gunma, Tokyo, Jepang, Ia mengakui, dirinya dan penduduk Gunma masih dirundung rasa khawatir sebab sampai saat ini gempa masih menggetarkan Tokyo dan sekitarnya. Tujuh wilayah Tokyo dipastikan mengalami getaran dan kerusakan sama, yaitu Gunma, Tochigi, Ibaraki, Saitama, Tokyo, Chiba, dan Kanagawa.

Kondisi mencekam pun tidak terelakkan. Helza mengisahkan, meskipun gempa terus menerjang, masyarakat Tokyo saat ini justru lebih banyak tinggal di dalam rumah. Khususnya yang tinggal di rumah tidak bertingkat ataupun apartemen, penduduk lebih merasa nyaman berada di dalam rumah.

”Sebagian lampu di Gunma mati. Tadi sore saya ke supermarket dan lihat banyak orang belanja. Mungkin mereka belanja buat simpanan kalau ada apa-apa,” tuturnya.

”Jembatan beton di sini ada yang putus. Kawasan Disneyland juga terendam banjir parah  setinggi atap rumah. Posisi adik saya di Ibaraki, juga dilanda banjir,” ujar Helza.

 

Menurut sejarah tsunami juga pernah melanda Jepang pada tahun 1960, dan melanda kembali pada 11/3/2011 yang menjadi ancaman berat bagi negara-negara tentangga ataupun negara-negara Asia termasuk Indonesia. Menurut BMKG tsunami akan menyerang Indonesia bagian timur yaitu jaya pura namun setelah kurang lebih pukul 20.00 BMKG mengutarakan bahwa “PERINGATAN DINI DIINDONESIA  TELAH BERAKHIR”, walaupun telah berakhir namun masyarakat Jaya Pura masih bersiap siaga untuk mengungsi.

Menurut dubes RI masyarakat dan pemerintahan Jepang sangat siap oleh musibah ini karena tidak terlalu panik oleh kejadian ini, lebih dari 20.000 telah terevaluasi oleh pemerintahan Jepang dan sampai saat ini 4 tenaga listrik di Tokyo masih belum bisa pulih . gelombang tsunami juga merusak areal pertanian yang telah dilewati oleh gelombang termasik kilang-kilang minyak jepang, dan juga listik tenaga nulir.

Jalan-jalan terputus oleh gelombang dan diperkirakan kecepatan gelombang 400-500 KM/Jam, bencana ini adalah bencana terbesar diterbesar 140 tahun terakhir, waw…. dahsyat kan???

Gelombang juga menyapu infra struktu rbangunan-bangunan di Jepang.

Sampai saat ini diperkirakan 8 orang tewas ratusan orang luka-luka dan sampai saat ini pemerintah Jepang masih mengevaluasi warga-warga d daerah terdekat pusat gempa. Tokyo yang terletak agak  jauh dari pusat gempa juga porak-poranda oleh gelombang dengan  8 titik kebakaran terjadi dijepang.

tinggi tsunami  ini mencapai puluhan meter yang menghantam gedung-gedungdidaerah Jepang. Awal gempa yaitu pukul 2.46 dengan kekuatan gempa 7 SR. tokyo  10 km diwilayah pusat gempa.

Saat ini pemerintah Jepang sedang menghitung total kerugian yang di alaminya dan masih belum dapat diperkirakan oleh pemerintahan Jepang.

ets.... jangan lupa komentar ya...!!! makasih banyak gan dah mampir di jackdum.wordpress.com

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s