berjaga-jaga dengan ansuransi uang?

Tahukah Anda kalau selain harta dan nyawa, ternyata uang pun juga dapat diasuransikan? Ya, inilah kenyataannya. Dan sepertinya, mengasuransikan uang memang  patut dipertimbangkan mengingat tingkat kriminalitas di kota besar semakin hari semakin meningkat saja.Produk asuransi uang sudah banyak ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi umum (general insurance company) atau non-life insurance company.
Mereka menawarkan produk asuransi ini untuk melindungi uang yang dimiliki nasabah atau tertanggung (insured) dimana para pengaju asuransi tersebut harus membayar premi sesuai dengan suku premi yang besarnya sebanyak 0,50 % dari nilai pertanggungan (jumlah uang yang diambil).
Nah, produk asuransi untuk melindungi uang ini sekurang-kurangnya terdiri dari  3 jenis. Apa saja, yuk cari tahu disini:
Money/Cash in transit
Adalah produk asuransi uang yang melindungi resiko dari bank ke tempat nasabah atau dari tempat nasabah ke bank. Biasanya ia digunakan oleh perusahaan atau money changer. Untuk mengajukan asuransi ini seorang nasabah harus mengajukan declare(jumlah uang yang ditarik nasabah dari tempat nasabah ke bank, atau sebaliknya) secara tertulis pada bank yang bersangkutan. Hal ini berguna agar kelak di kemudian hari, kalau terjadi tuntutan ganti rugi atau klaim, tidak  terjadi perbedaan pendapat mengenai jumlah uang yang diambil.
Money/Cash in Safe
Adalah asuransi untuk uang tunai di brankas suatu  perusahaan. Seperti asuransi uang sbeelumnya, Money/cash in safe juga mengharuskan nasabah untuk membuat declare tertulis menegnai jumlah uang yang tersimpan di brankas. Ini penting sekali untuk mempermudah pengajuan klaim pada waktu terjadi kehilangan uang dari brankas.
Fidelity guarantee
Adalah asuransi untuk melidungi resiko dari niat jahat (moral hazard) orang-orang yang memiliki posisi atau jabatan yang berkaitan dengan uang dalam jumlah ebsar tiap harinya. Misalnya, kasir, oenagih utang dan manajer keuangan dalam suatu perusahaan. Khusus untuk asuransi yang satu ini, biasanya yang mengasuransikannya adalah pihak manajemen perusahaan. Sebab meerkalah yang diberi tanggung jawab atas hidup matinya suatu perusahaan.

 

sumber : http://www.conectique.com/

ets.... jangan lupa komentar ya...!!! makasih banyak gan dah mampir di jackdum.wordpress.com

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s