Yuk Mengenal Jaringan Komputer

Setelah sekian lama belum update akhirnya saya mencoba kembali kepermukaan lagi..😀

saya beberapa kali menemui kesulitan mengenai jaringan komputer baik itu lokal maupun yang lain, dari situ saya mulai mempelajari sedikit demi sedikit. dan saya ingin share sama yang belum tau tentang jaringan, yang sudah tau mungkin bisa share disini pengalamannya.🙂

apa sih jaringan komputer itu?

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).  Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapatperangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

HUB

HUB NETWORK

BRIDGE NETWORK

SWITCH NETWORK

 

 

ROUTER NETWORK

GATEWAY NETWORK

 

Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi :

  1. Berdasarkan geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN), Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN).
  2. Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi Jaringan Klien-server (Client-server) dan Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer).
  3. Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:

    TOPOLOGI BUS

    TOPOLOGI STAR / TOPOLOGI BINTANG

    TOPOLOGI RING/TOPOLOGI CINCIN

    TOPOLOGI MESH

    TOPOLOGI MESH

    TOPOLOGI TREE/TOPOLOGI POHON

    TOPOLOGI TREE/TOPOLOGI POHON

    TOPOLOGI LINEAR

    TOPOLOGI LINEAR

     

  4. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data:
    Jaringan terpusat
    Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.
    Jaringan terdistribusi
    Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.
  5. Berdasarkan media transmisi data:
    Jaringan berkabel (Wired Network)
    Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan.
    Jaringan nirkabel(Wi-Fi)
    Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Nah, gimana? itu kurang lebihnya sharing mengenai jaringan. ane juga masih awam dalam masalah beginian jadi kalo ada yang lebih pro lagi bisa share di komentar dalam post ini.

sampai berlanjut di edisi ke 2.

 

 

ets.... jangan lupa komentar ya...!!! makasih banyak gan dah mampir di jackdum.wordpress.com

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s